Dalam dunia bisnis, dan sebagai
professional, writing atau menulis (pesan bisnis) merupakan hal sangat
urgent. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk menyampaikan ide-ide,
atau laporan penting yang menuntut perhatian dan konsentrasi penuh dalam
pemahaman maupun penganalisaan, komunikasi dalam bentuk tulisan diyakani paling
efektif. Logikanya, manakala komunikan kesulitan memahami pesan, dia bisa
dengan mudah membaca kembali pesan yang disampaikan.
Secara umum,
ada beberapa alasan mengapa writing penting dalam komunikasi bisnis,
- Kemampuan mendengar manusia terbatas. Lebih rendah daripada kemampuan menerima /mencerna pesan lewat bahasa tulisan. Berbagai riset menunjukkan, kemampuan telinga manusia menangkap pesan lebih rendah ketimbang indera lainnya.
- Pesan dalam bisnis tidak selalu simple atau sederhana. Bahkan lebih banyak yang memerlukan pemahaman dan penganalisaan maksimal. Mulai dari business report, proposal, hasil meeting, perjanjian atau kontrak kerja, research memo, sampai annual report.
- Beberapa pesan bisnis, wajib didokumentasikan. Dan ini akan lebih mudah kalau disampaikan dalam bentuk komunikasi writing.
Sehingga
sangatlah beralasan jika kemampuan menulis dalam aktivias komunikais bisnis
sangatlah penting. Terlebih jika dikaitkan dengan beberapa survey yang
dilakukan pelaku bisnis dunia dalam beberapa decade terakhir. Sebuah survey
majalah Fortune misalnya menunjukkan, para senior tax executive
meyakini bawah writing skill adalah atribut penting dalam proses
perekrutan.
Survey serupa
yang dilakukan periset Southern Utah University terhadap 90.000
anggota akuntan ternama Amerika Serikat membuktikan bahwa kemampuan
menulis yang baik adalah salah satu dari tujuh skill yang wajib dimiliki oleh
para pelaku bisnis termasuk para akuntan. Luar biasanya, ke enam skill
lainnya, ternyata berhubungan erat dengan communication skill, yakni :
- Mendengar dengan efektif
- Membuat dokumen dengan ejaan dan kalimat yang tepat
- Mengajukan pertanyaan yang tepat saat berhadapan dengan klieun
- Mengorganisir informasi ke dalam kalimat dan paragraph
- Menggunakan tata bahasa yang baikMenggunakan vocabulary bisnis dengan benar
Efektivitas
Komunikasi:
Efektivitas komunikasi bisnis,
seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan beberapa hal :
- Persepsi. Komunikator harus dapat memprediksi apakah message yang disampaikan dapat diterima komunikan.
- Ketepatan. Komunikan atau audience memiliki kerangka piker. Agar komunikadi yang dilakukan tepat sasaran, komunikator perlu mengeksperikan hal yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka piker komunikan.
- Kredibilitas. Dalam berkomunikadi komunikator perlu memiliki suatu keyakinan bawah komunikan dapat dipercaya. Sebaliknya dia juga harus bisa mendapatkan kepercayaan dari komunikan.
- Pengendalian. Dalam komunikasi, komunikan memberika reaksa/umpan balik/feedback terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi ini harus bisa diantisipasi sekaligus dikendalikan oleh komunikator sehingga tidak melenceng dari target komunikasi yang diharapkan.
- Kecocokan. Komunikator yang baik selalu dapat menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkan dengan komunikan.
Komunikasi
Bisnis:
Seperti
yang kita ketahui bersama jika komunikasi merupakan elemen terpenting yang
diberikan tuhan kepada manusia, karena dengan komunikasi kita menjadi mahluk
hidup bukan benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi
harapan kita untuk tetap berperan sebagai manusia
PENGERTIAN
Selain
komunikasi ada juga faktor penting yang harus kita lakukan, yaitu bisnis, yah
bisnis, karena dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk
memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia.Jika komunikasi adalah
elemen yang membedakan kita sebagai makhluk hidup dengan benda, bisnis juga
merupakan elemen penting yang tidak hanya membedakan kita dengan benda, tetapi
juga membedakan kita sebagai manusia dengan hewan (walaupun saya tidak tau juga
apakah hewan menjalankan roda bisnis, karena yang saya tau hewan sangat patuh
pada hukum rimbanya ).
Kita gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa, terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya. ini
namun, sebenarnya apakah komunikasi bisnis ini????
Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.Karena Komunikasi bisnis ini merupakan komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita tidak boleh melanggar norma-norma yang ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melakukan komunikasi.
http://budies14.blogspot.com/2013/01/writing-skill-dalam-komunikasi-bisnis.html
Kita gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa, terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya. ini
namun, sebenarnya apakah komunikasi bisnis ini????
Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.Karena Komunikasi bisnis ini merupakan komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita tidak boleh melanggar norma-norma yang ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melakukan komunikasi.
http://budies14.blogspot.com/2013/01/writing-skill-dalam-komunikasi-bisnis.html
No comments:
Post a Comment