Di
dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkomunikasi dengan orang yang ada
disekitar kita karena kita merupakan makhluk sosial. Dan saat melakukan
komunikasi kita membutuhkan orang lain. Komunikasi adalah hal penting yang ada
di dunia ini dengan komunikasi kita bisa mengetahui beberapa kejadian yang
diceritakan manusia lain kepada kita. Dengan begini komunikasi adalah hal yang
sangat penting, sehingga kita juga dalam berkomunikasi memerlukan etika hingga
orang lain merasa nyaman saat berkomunikasi dengan kita. Dalam organisasi atau
perusahaan juga membutuhkan komunikasi yang baik antara atasan bawahan antara
karyawan dan antara perusahaan dengan masyarakat umum.
Perusahaan
adalah suatu unit usaha yang salah satu tujuannya mendapatkan laba. Jika ingin
mendapatkan laba pemilik perusahaan harus bekerjasama dengan karyawan yang ada
didalam perusahaan tersebut. Mereka juga harus menjaga komunikasi dengan baik
agar tidak terjadi kesalahpahaman. Karyawan nya juga harus mempunyai pengalaman
dan keterampilan yang baik hingga jika pada saat mengeluarkan produksi atau pun
rencana itu akan menjadi yang baik, dan mendapatkan produk yang berkualitas.
Dalam
perusahaan ada yang dinamakan manajemen. Manajemen merupakan sekumpulan orang
yang melakukan kegiatan planning ,organizing, leading dan controlling.
Manajemen mempunyai tanggung jawab tertinggi atas berbagai pengambilan
keputusan yang berkaitan dengan bidang dibawah ini.
Dari
2 elemen tersebut yaitu karyawan dan manajemen merupakan satu kesatuan yang
saling membutuhkan. Manajemen yang baik adalah manajemen yang dapat
berkomunikasi dengan karyawan secara tepat. Banyak sekali hal dapat digunakan
untuk pendekatan antara manajemen kepada karyawan bisa secara formal maupun
informal.
Hubungan
baik antara manajemen dengan karyawan akan berdampak baik pula bagi perusahaan.
Ide-ide baru dari karyawan bisa menyelesaikan masalah yang terdapat dalam
perusahaan tersebut. Produktivitas pun juga meningkat karena karyawan dengan
suka rela memberikan tenaga dan pikiran pada perusahaan.
Diantara
kedua belah pihak terjadi komunikasi timbal balik. Sehingga diperlukan kerja
sama untuk yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik pribadi maupun
perusahaan. Dengan begitu dapat dengan mudah mereka dapat mencapai tujuan
organisasi atau perusahaan yang diinginkan.
PENTING
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
a. Komunikasi mendatangkan efektifitas yang lebih besar.
b. Komunikasi
menempatkan menempatkan orang-orang pada tempat yang seharusnya.
c. Komunikasi
membawa orang-orang untuk terlibat dalam organisasi dan meningkatkan motivasi
untuk melibatkan kinerja yang baik dan meningkatkan komitmen terhadap
organisasi.
d. Komunikasi
menghasilkan hubungan dan pengertian yang lebih baik antara bawahan, kolega,
dan orang-orang di dalam dan di luar organisasi.
e. Komunikasi
menolong orang-orang untuk mengerti perlunya perubahan.
f. Komunikasi
meminimalkan permasalahan-permasalahan di dalam keorganisasian seperti konflik,
stress, demotifasi dan loyalitas.
Sasaran
komunikasi dapat diterapkan di dalam suatu organisasi atau perusahaan, maka
sasaran yang dituju beraneka ragam dengan tujuan utama untuk mempersatukan
individu-individu yang tergabung di dalam organisasi atau perusahaan tersebut.
Berdasarkan komunikasi dan jumlah komunikasi, komunikasi dapat digolongkan
dalam 3 kategori yaitu :
1. Komunikasi
antar pribadi
Komunikasi ini diterapkan antara individu dalam usaha menyampaikan informasi yang dimaksudkan untuk mencapai kesamaan pengertian, sehingga dengan demikian dapat tercapai keinginan bersama.
2. Komunikasi
kelompok
Prinsip dalam melakukan suatu komunikasi yang ditekankan adalah faktor kelompok, sehingga komunikasi menjadi lebih luas dalam usaha menyampaikan informasi, komunikasi dalam berkelompok tidak seperti komunikasi antar pribadi.
3. Komunikasi
massa
Komunikasi
massa melalui alat yaitu media massa yang meliputi media cetak dan media
elektronik. Dengan landasan konsep-konsep komunikasi sebagaimana yang telah
diuraikan, maka kita dapat memberi batasan tentang komunikasi dalam organisasi
atau perusahaan secara sederhana yaitu komunikasi antar manusia yang terjadi
dalam konteks organisasi atau perusahaan. Meminjam definisi Goldhaber,
komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan
yang bersifat saling bergabung satu sama lain. Berikut adalah pengertian dan
fungsi dari arus komunikasi yaitu :
No comments:
Post a Comment