Monday, April 22, 2013

Tiga Golongan Manusia


Jika diklasifikasikan secara kasar, ada 3 golongan manusia dalam memandang manusia  
                Golongan pertama, yang berpandangan “Dunia No, Akhirat Yes”. Golongan ini tidak atau kurang mempedulikan urusan dunia. Sebaliknya mereka hanya menyimpan diri dalam urusan akhirat semata. Bagi mereka urusan pakaian, tempat tinggal, bahkan keluarga tidak terlalu penting. Contohnya: dimasa rasulullah saw golongan ini juga ada, mereka diwakili oleh 3 orang yang datang menghadap beliau, sebagaimana yang diriwayatkan Annas bin Malik tentang 3 orang yang ingin Uzlah karena meniru rasulullah saw dalam beribadah. Salah satu di antara mereka menyatakan keinginannya untuk solat malam sepanjang waktu, yang kedua ingin berpuasa dahr dan tidak terputus, sementara yang ketiga tidak ingin menikahi wanita selamanya.
                Golongan kedua, yang berpandangan “Dunia Yes, Akhirat No”. golongan ini berpandagan bahwa dunia ini seluruhnya adalah materi dan apa yang ada di hadapannya adalah kehidupan yang sebenarnya. Mereka hanya percaya terhadap apa yang dilihat dengan kasat mata dan dapat dirasakan oleh indera. Diluar itu mereka tidak percaya. Mereka tidak percaya alam ghaib, termasuk alam kubur, alam akhirat, bahkan mereka tidak percaya terhadap ALLAH SWT.
                Golongan ketiga, yang berpandangan “Dunia Yes, Akhirat Yes”. Golongan ini memadang dunia bagai jembatan yang mengantarkan pada tujuan hidup yang sebenarnya. Dunia bagi mereka penting, demikian juga akhirat jauh lebih penting, kedua duanya tidak ada yang di abaikan, karunia hidup didunia dinikmati dan disyukuri, sementara kehidupan akhirat dikejar dan dicari.
                Golongan ini memandang dunia tidak lebih dari sebuah ladang yang subur untuk bercocok tanam. Itulah sebabnya mereka tidak pernah berhenti beribadah, mengais rezeki, bermuamalah, memberi nafkah keluarga dan bermasyarakat guna mencari ridha illahi yang kelak hasilnya dapat dipanen di akhirat.

Sumber: majalah hidayatullah edisi 05

No comments:

Post a Comment