Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis pada sebuah
organisasi memegang peranan penting terhadap jalannya bisnis tersebut. Setiap
interaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari hari tanpa disadari telah terjadi
pertukaran informasi dari sumber kepada penerimanya. Hal inilah yang mendasari
aktivitas komunikasi dalam kehidupan sehari hari.
Dalam bisnis diperlukan kemampuan
komunikasi bisnis yang amat penting untuk tercapainya sebuah tujuan organisasi.
Seperti saat memberikan instruksi kepada bawahan, menghadapi klien atau
memberikan tanggapan terhadap pelanggan dibutuhkan keahlian terhadap komunikasi
bisnis yang baik. Terdapat 6 unsur pokok dalam komunikasi bisnis yaitu:
1.
Tujuan, aktivitas
komunikasi harus dijalani sejalan dengan tujuan organisasi yang sebelumnya
telah ditetapkan
2.
Pertukaran,
pertukaran pesan (informasi) bisnis melibatkan sedikitnya dua orang atau lebih
sebagai komunikator dan komunikan
3.
Ide, bentuk pesan
bisa beragam seperti gagasan, opini, informasi, instruksi tergantung pada
tujuannya, situasi, dan kondisi
4.
Transmisi pesan,
yaitu alat saluran komunikasi personal atau impersonal yang bersifat tatap
muka, dengan memakai media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaam
orang dalam waktu bersamaan
5.
Symbol atau sinyal,
penggunaan alat atau sebuah metode yang dapat dipahami oleh penerima untuk
menyampaikan pesan
6.
Pencapaian tujuan
organisasi, karakteristik yang membedakan antara organisasi atau lembaga formal
terhadap informasi, adalah tuuan sukses berbisnis yang telah di tetapkan sebelumnya
oleh manajemen.
Peengertian
komunikasi bisnis merupakan sebuah progress pertukaran pesan (informasi) untuk
mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja didalam struktur organisasi
(jenjang/level) pada system organisasi yang kondusif. Pada kegiatan komunikasi
bisnis pesan yang disampaikan hendaknya tidak hanya bersifat informative
semata, namun juga bersifat persuasive untuk memberikan pemahaman pada pihak
lain agar mengerti dan bersedia menerima suatu keyakinan untuk melakukan suatu
perbuatan atau kegiatan.
Pentingnya komunikasi
bisnis
Bagi
seorang manajer dituntut memiliki kemampuan untuk membicarakan mengenai ide
gagasan dan tujuan dalam lingkungan organisasi tersebut untuk kemajuan dimasa
depan. Pentingnya kemampuan kepada para pelanggan. Berbagai kendala yang
mungkin dihadapi seorang manajer yang dihadapi dalam komunikasi bisnis, antara
lain:
1.
Struktur komunikasi
yang buruk
2.
Penyampaian yang
lemah
3.
Penggunaan media yang
salah
4.
Pesan yang campur
aduk
5.
Salaha audience
6.
Lingkungan yang
mengganggu
Sumber :
s
No comments:
Post a Comment