Thursday, March 13, 2014

Pengertian Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis

            Komunikasi bisnis pada sebuah organisasi memegang peranan penting terhadap jalannya bisnis tersebut. Setiap interaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari hari tanpa disadari telah terjadi pertukaran informasi dari sumber kepada penerimanya. Hal inilah yang mendasari aktivitas komunikasi dalam kehidupan sehari hari.
            Dalam bisnis diperlukan kemampuan komunikasi bisnis yang amat penting untuk tercapainya sebuah tujuan organisasi. Seperti saat memberikan instruksi kepada bawahan, menghadapi klien atau memberikan tanggapan terhadap pelanggan dibutuhkan keahlian terhadap komunikasi bisnis yang baik. Terdapat 6 unsur pokok dalam komunikasi bisnis yaitu:

       1.       Tujuan, aktivitas komunikasi harus dijalani sejalan dengan tujuan organisasi yang sebelumnya telah ditetapkan
      2.       Pertukaran, pertukaran pesan (informasi) bisnis melibatkan sedikitnya dua orang atau lebih sebagai komunikator dan komunikan
      3.       Ide, bentuk pesan bisa beragam seperti gagasan, opini, informasi, instruksi tergantung pada tujuannya, situasi, dan kondisi
      4.       Transmisi pesan, yaitu alat saluran komunikasi personal atau impersonal yang bersifat tatap muka, dengan memakai media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaam orang dalam waktu bersamaan
      5.       Symbol atau sinyal, penggunaan alat atau sebuah metode yang dapat dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan
     6.       Pencapaian tujuan organisasi, karakteristik yang membedakan antara organisasi atau lembaga formal terhadap informasi, adalah tuuan sukses berbisnis yang telah di tetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Peengertian komunikasi bisnis merupakan sebuah progress pertukaran pesan (informasi) untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja didalam struktur organisasi (jenjang/level) pada system organisasi yang kondusif. Pada kegiatan komunikasi bisnis pesan yang disampaikan hendaknya tidak hanya bersifat informative semata, namun juga bersifat persuasive untuk memberikan pemahaman pada pihak lain agar mengerti dan bersedia menerima suatu keyakinan untuk melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.


Pentingnya komunikasi bisnis
Bagi seorang manajer dituntut memiliki kemampuan untuk membicarakan mengenai ide gagasan dan tujuan dalam lingkungan organisasi tersebut untuk kemajuan dimasa depan. Pentingnya kemampuan kepada para pelanggan. Berbagai kendala yang mungkin dihadapi seorang manajer yang dihadapi dalam komunikasi bisnis, antara lain:
        1.       Struktur komunikasi yang buruk
        2.       Penyampaian yang lemah
        3.       Penggunaan media yang salah  
        4.       Pesan yang campur aduk
        5.       Salaha audience
       6.       Lingkungan yang mengganggu


     Sumber :
s

 

No comments:

Post a Comment