Tuesday, October 29, 2013

Pengembangan Proposal Rencana Usaha

PROPOSAL RENCANA USAHA “POTATO CRISPY HEALTHY”
DISUSUN OLEH:
MENTARI COVINA
2DF02
54212549


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam kuliner. Maka kami tergerak membuat inovasi baru dibidang kuliner.
Secara peribadi kami membangun usaha ini dikarenakan kesukaan kami mengkonsumsi olahan kentang, maka kami memutuskan untuk membuat suatu olahan kentang yang lebih berinovasi dan lebih menyehatkan dari olahan kentang dan terjamin kehigenisannya, maka dari itu kami membuat suatu olahan kentang yang berbeda yaitu potato crispy.
Banyak aktivitas yang dijalani setiap orang perharinya dengan aktivitas yang semakin padat membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan – makanan yang tersedia di pasaran memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut kebanyakan terlalu mahal.
Maka dari itu kami membuat potato crispy sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat serta dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Keistimewaan dari produk kami adalah:

1.       Hidangan cepat saji yang sehat, bergizi dan higenis
2.       Jajanan ringan yang terjangkau oleh semua kalangan
3.       Dapat diterima oleh semua kalangan


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 IDENTIFIKASI USAHA
·         Nama Usaha      :               Potato crispy
·         Pemilik Usaha    :               Potato Healthy Crispy
·         Alamat Usaha    :               JL. Dukuh Zamrud Blok Q 10 no 2
·         CP                           :               08988289016

2.2 RUANG LINGKUP  USAHA
                Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam usaha rumahan kecil, tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena produk makanan yang kami produksi dapat dinikmati oleh semua kalangan.
                Tujuan Usaha:
1.       Mendapatkan penghasilan
2.       Memenuhi kebutuhan konsumen
3.       Menggali bakat dalam hal berbisnis



2.3 STRUKTUR ORGANISASI

                Perusahaan kami membentuk usaha ini dengan memperkerjakan para karyawan yang terdiri dari:

                Manajemen       :               2
                Produksi              :               3
                Pemasaran         :               2
                Keuangan            :               2
                Dan tingkat pendidikan SMA

               
2.4 KLASIFIKASI ORGANISASI

·         CEO
Mengontrol memonitori semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan

·         General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan

·         Financial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perushaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan

·         Productin Manajer
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual belikan

·         Marketing Manajer
Dapat mempromosika dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media








BAB III
ANALISIS MASALAH

3.1 MODAL
                Modal awal kami berjumlah Rp. 2.000.000,- dana tersebut berasal dari pinjaman bank sejumlah Rp 1.500.000,- dan dari potato healthy sejumlah Rp 500.000,-

3.2 PENENTUAN HARGA PRODUKSI
                Biaya Baku                                          :               Rp. 328.600,-
                Biaya penolong                                 :               Rp. 150.000,-
                Total Biaya Produksi                        :               Rp. 478.600,-
               
                Biaya cetak laporan                         :               Rp.6.000,-
                Biaya ADM                                          :               Rp. 8.000,-
                Total Biaya Operasional                 :               Rp.14.000,-

                Harga pokok produksi potato crispy adalah :
                Potato crispy      =             (Rp. 478.000 + 14.000) /400 = Rp.1.230,-

3.3  PENENTUAB HARGA JUAL

Harga pokok produksi potato crispy adalah Rp.478.000,- laba yang kami harapkan sebesar Rp. 3.770,- sehingga harga jual potato crispy per bungkusnya Rp. 5.000,-

3.4 SUMBER DAYA MANUSIA
Untuk saat ini kami belum berencana untuk menambah jumlah pegawai karena produk kami masih baru, tetapi apabila produk kami sudah dikenal oleh banyak masyarakat luas dan produksi kami meningkat kami rasa kami akan menambah jumlah sumber daya manusia yang ahli.

3.5 PEMASARAN

1.               PRODUCT
·         Type                              :               Potato Crispy
·         Brand                            :               Potato Healthy
·         Quality                          :               Tanpa Bahan Pengawet
·         Packing                         :               menggunakan karton pembungkus makanan buatan   kami sebagai pengemas potato crispy

2.       PRICE
·         Price List                      :               Rp. 5000,- / bungkus

3.       PROMOTION
·         Advertising                 :               menggunakan media jejaring social
·         Sales promotion       :               mempromosikan penjualan kepada pelanggan
·         Personal Selling        :               menjual kepada pelanggan secara langsung

4.       PLACE
·         Berlokasi di wilayah perumahan dukuh zamrud, dan di pinggir jalan

3.6 TARGET DAN SEGMENTASI PASAR

·         GEOGRAFI
1.       Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Bekasi, alasannya adalah bahan – bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan
2.       Kami melihat banyaknya peluang bisnis pada makanan yang siap saji, hingga kami memanfaatkan peluang ini

·         DEMOGRAFI
Secara pasar kami menjual pada kalangan penggemar kuliner, mahasiswa dan anak-anak karena dengan sasaran itu kami dapat dengan mudah mengetahui informasi pasar


3.7 STRATEGI PEMASARAN

1.       PERKENALAN BISNIS
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harganya terjangkau. Produk kami bernama “POTATO CRISPY” yaitu olahan kentang yang sangat baik di konsumsi oleh masyarakt. Potato crispy ini berbeda dengan yang lain karena kami tidak menggunakan bahan pengawet dan menggunakan bahan bahan yang berkualitas

2.       Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Potato crispy ini berbahan baku kentang dengan bahan bahan lainnya. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada penjual sayuran dan bahan bahan pelengkapnya yang sudah pasti kualitasnya

3.       Menciptakan inovasi pada design yang ditawarkan
Produk kami ini yang pertama: potato crispy ini untuk kedepannya kami berinovasi untuk membuat potato crispy dengan bahan pelengkap tidah hanya saus dan mayonnaise


4.       Meningkatkan kualitas pelayanan
Setelah melakukan penjualan kami meminta kepada consumen untuk mengkritik dan memberikan saran pada produk kami. Maka kami akan meningkatkan kualitas dan tingkat rasa untuk memuaskan konsumen

5.       Media Pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami dengan menggunakan jejaring social, seperti memanfaatkan twitter, facebook, dan juga blog



BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH

4.1  SWOT
STRENGTH (KEKUATAN)
1.Bahan bakunya mudah ditemukan
2.Cita rasa yang mudah diterima
3.Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas
B. WEAKNESSES
1. Tidak tahan lama dan mudah basi
2. Modal cukup kecil

C. OPPORTUNITIES (PELUANG)
1. Minat akan makanan tinggi
2. banyak disukai oleh berbagai kalangan

D. THREATS (ANCAMAN)
1. Selera konsumen variatif
2.  munculnya pesaing baru
3. adanya usaha makanan yang serupa




4.2  TOWS
  1. TO
1.       Memperbanyak tingkat produksi
2.       Memberikan promosi dan memperluas sasaran pasar
3.       Tetap menjaga kualitas produk

  1. WO
1.       Membuat inovasi baru dalam penjualan potato crispy
2.       Memproduksi potato crispy dengan skala kecil jika ada pemesanan akan menambah jumlah produksi

  1. ST
1.       1. Memberikan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas
2.       2. memahami selera konsumen

  1.  WT
1.       1. mampu bersaing dengan competitor lain dan kami akan memperbaiki kekurangannya
2.       2. mencari investor untuk bergabung











BAB V
KESIMPULAN

                Usaha potato crispy ini termasuk usaha rumahan yang cukup menjajikan omset yang tinggi, namun para wirausaha harus tetap memperhatikan kualitas agar tidak mengecewakan konsumen . wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam prusahaannya dan harus bias menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya agar lebih baik dan lancar. Agar tidak menimbulkan kegagalan usaha di tengah jalan seorang wirausaha harus memiliki planning yang maksimal agar usaha berkembang dengan cepat. Dan perusahaan kami akan selalu mendengar setiap kritikan dari konsumen dan selalu berinovasi dalam produksinya.

No comments:

Post a Comment